Minggu, 09 April 2017

PERTUMBUHAN EKONOMI II



PERTUMBUHAN EKONOMI II



http://www.logospike.com/wp-content/uploads/2015/11/Logo_Ums_03.png

Disusun Oleh
·      Astuti widyaningsih (B100150019)
·      Dyah retno wardhani       (B100150034)
·      Novela sari adi astri       (B100150327)
·      Hindun tri atlanti      (B100150346)
·      Sonny tri prasetyo  (B100150348)


UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2017
A.     Kemajuan teknologi dalam model Solow
·       Efesiensi tenaga kerja
Fungsi produksi yang mengaitkan modal total K dan tenaga kerja total L dengan output total Y fungsi produksi itu adalah Y=F(K,L x E)
·       Kondisi mapan dengan kemajuan teknologi
Mengekspresikan kemajuan teknologi sebagai pengoptimalan tenaga kerja membuatnya analog dengan pertumbuhan populasi. Persamaan yang menunjukkan evolusi k sepanjang waktu sekarang beerubah menjadi
k=sf(k)-(&+n+g)k
·       Dampak kemajuan teknologi
Kemajuan teknologi bisa mengarah ke pertumbuhan yang berkelanjutan dalam output perpekerja, kemajuan teknologi juga memodifikasi kriteria untuk kaidah emas. Konsumsi pada kondisi mapan dimaksimalkan jika MPK= & + n + g
B.     Kebijakan untuk mendorong pertumbuhan
·       Mengevaluasi tingkat tabungan
Seberapa banyak negara menabung dn berinvestasi adalah determinan penting dari standar kehidupan penduduknya, tingkat tabungan menentukan tingkat model dan output pada kondisi mapan (steady state). Produk marjinal modal setelah depresiasi (MPK-&) dengan tingkat pertumbuhan output total (n+g). Kita bisa mengestimasikan produk marjinal modal neto dari 3 fakta berikut ini :
1.     Persediaan modal kira-kira 2,5 kali GDP satu tahun => k=2,5y
2.     Depresiasi modal kira-kira 10 persen dari GDP =>&k=0,1y
3.     Pendapatan modal kira-kira 30 persen dari GDP => MPK x k=0,3y
·       Kita mencari tingkat depreesiasi dengan membagi persamaan 2 dengan 1 &k/k=(0,1y)/(2,5y) = 0,4
·       Kita mencari tingkat depreesiasi dengan membagi persamaan 3 dengan (MPK x k)/k=(0,3y)/(2,5y) = 0,12
·       Mengubah tingkat tabungan
Untuk menggerakkan perekonomian AS menuju kondisi mapan kaidah emamms, para pembuat kebijakan harus meningkatkan tabungan nasional. Tabungan nasional yang lebih tinggi berarti tabungan masyarakat yang lebih tinggi. Cara yang tepat dilakukan pemerintah untuk mempengaruhi tabungan nasional adalah melalui tabungan masyarakat-perbedaan antara jumlah penerimaan pajak pemerintah dan pengeluarannya. Bila pengeluaran pemerintah melebihi penerimanya, maka pemerintah dikatakan mengalami defisit anggaran. Pemerintah juga mempengaruhi tabungan nasional dengan mempengaruhi tabungan swasta-tabungan yang di lakukan oleh rumah tangga dan perusahaan.
·       Mengalokasikan investasi perekonomian
Pemerintah melakukan investasi dalam berbagai bentuk modal masyarakat yang disebut infrastruktur, seperti jalan raya, jembatan dan sistim pembuangan air. Banyak ekonom menyarankan bhwa pemerintah semata-mata hanya menciptakan “tingkat yang menghasilkan” untuk berbagai jenis modal, misalnya dengan meyakinkan bahwa sistem pajak memperlakukan seluruh jenis modal secara adil. Sebagian besar ekonom bersikap skeptis terhadap kebijakan industri, karna dua alasan. Pertama mengukur eksternalitas dari sektor-sektor yang berbeda begitu sulit seperti menggantang asap, kedua proses politis adalah jauh dari sempurna sekali pemerintah terlibat dalam bisnis yang memfasilitasi industri-industri tertentu dengan subsidi dan penghapusan pajak hal itu cenderung didasarkan pada kepentingan politis sebagai besaran eksternalitas.
·       Mendorong kemajuan teknologi
Mendorong sektor swasta untuk menyalurkan sumberdaya ke inovasi teknologi misal sistim paten memerikan monopoli sementara kepada investor produk-produk baru, prinsip perpajakan menawarkan penghapusan pajak untuk pwrusahaan-perusahaan yang terlibat dalam penelitian dan pengembangan.
C.     Dari teori pertumbuhan sampai data empiris pertumbuhan
·       Pertumbuhan yang seimbang
Pertumbuhan yang seimbang (balanced growth) bekerja dengan baik dalam mendeskripsikan data jangka panjang bagi perekonomian AS. Pertama pertimbangkan output perpekerja Y/L dan persediaan modal perpekerja K/L, kedua variabel ini tumbuh pada tingkat kemajuan teknologi. Marx memprediksikan bahwa pengembalian modal akan menurun sepanjang waktu dan hal ini akan mengarah pada krisis politik serta ekonomi
·       Convergence
Model sollow meramalkan hal yang serupa untuk negara-negara itu apakah pertemuan (convergence) perekonomian bergantung pada perbedaan awal mereka. Di satu sisi, jika dua perekonomian dengan kondisi mapan yang sama karena kesalahan sejarah mulai dengan persediaan modal yang berbeda, maka kita dapat mengharapkan  mereka untuk bertemu
·       Akumulasi faktor versus efisiensi produksi
Dilihat dari sisi akutansi perbedaan internasional dalam pendapatan per kapita dapat di bagi menjadi satu perbedaan faktor produksi seperti kuantitas modal fisik dan modal manusia, kedua perbedaan efesiensi dalam penggunaan faktor produksi. Cara untuk menginterprestasikan korelasi positif, salah satu hipotesisnya adalah bahwa perekonomian yang efisien dapat mendorong akumulasi modal.
D.     Diluar model Solow = teori pertumbuhan endogen
·       Model dasar
Fungsi produksi sederhana Y=AK dimana Y adalah output, K adalah persediaan modal, dan A adalah konstanta yang mengukur jumlah output yang di produksi untuk setiap unit modal
·       Model dua sektor
Perekonomian memiliki dua sektor yang bisa kita sebut perusahaan manufaktur dan universitas riset. Perusahaan memproduksi barang dan jasa yang digunakan untuk konsumsi serta investasi dalam modal fisik.
·       Mikroekonomi dari penelitian dan pengembangan
Jika orang berpikir tentang proses penelitian dan pengembangan sejenak maka 3 fakta akan muncul. Pertama meskipun ilmu pengetahuan merupakan barang publik yaitu barang yanng secara bebas tersedia untuk setiap orang, kedua penelitian adalah menguntungkan karena inovasi memberi perusahaan monopoli temporer, ketiga sebuah perusahaan berinovasi perusahaan lain juga mengembangkan inovasi itu untuk menghasilkan inovasi generasi berikutnya. Ketika perusahaan menciptakan teknologi baru hal itu membuat perusahaan lain diuntungkan karena menerima dasar ilmu pengetahuan untuk dikembangkan dalam penelitian dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar