Sabtu, 08 April 2017

Uang Dan Inflasi Makro ekonomi



UANG DAN INFLASI


Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Makro Ekonomi Semester IV
Pengampu : M.Wahyuddin, Prof. Dr.








Oleh:

1.     Astuti Widyaningsih           (B100150019)
2.     Dyah Retno W                     (B100150034)
3.     Novela Sari A S                   (B100150327)
4.     Hindun Tri A                        (B100150346)
5.     Sonny Tri P             (B100150348)



PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2017


PENDAHULUAN
Inflasi sering kali berbentuk kenaikan harga secara gradual daripada ledakan kekacauan ekonomi. Semua mata uang negara baik dinar di negara-negara Arab, mata uang negara Inggris, Amerika, Eropa dll pasti mengalami inflasi. Namun inflasi yang terjadi antar negara tidak selalu sama. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya inflasi, misalnya adanya penurunan produksi pertanian, industri, pajak berlebihan, depopulasi, manipulasi pasar, high labor cost, pengangguran, kemewahan yang berlebihan, perang yang berkepanjangan, embargo, pemogokan pekerja dll.
Mengapa inflasi terjadi? Pada saat tingkat harga secara umum naik, pembeli harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk jumlah barang dan jasa yang sama. Jika konsumen tidak dapat menemukan uang lebih untuk membeli barang demi mempertahankan tingkat pembelanjaannya, mereka akan membatasi pembelian dengan membeli lebih sedikit yang kemudian pada akhirnya akan membatasi kemampuan penjual untuk menaikkan harga. Kaum monetarisberpedapat bahwa revolusi harga tidak akan terjadi jika tidak dibantu oleh kenaikan penawaran uang yang berasal dari bullion emas dan perak yang diproduksi oleh ‘New World’ (Amerika , Australia, dan Afrika Selatan) yang walaupun banyak juga emas dan perak akhirnya ditumpuk oleh pribadi/ institusi sehingga keluar dari sirkulasi, ataupun jadi perhiasan dan ornamen-ornamen untuk bangunan istana dan katedral serta banyak juga emas yang dibawa ke Asia dan tidak pernah kembali. Inflasi dapat terjadi di manapun, terhadap mata uang apapun dan pada periode kapanpun.









PEMBAHASAN
A. Uang
1. Pengertian Uang
Apakah uang itu?
  Uang adalah persediaan aset yang dapat segera digunakan untuk melakukan tranksaksi
2. Fungsi Uang :
       Penyimpan nilai (store of value) : uang adalah cara mengubah daya beli dari masa kini ke masa depan
       Unit hitung (unit of account) : uang memberikan ukuran dimana harga ditetapkan dan utang dicatat
Media pertukaran ( medium of exchange) : uang adalah apa yang kita gunakan untuk membeli barang dan jasa

3. Jenis-Jenis Uang
  Dalam perekonomian AS kita melakukan transaksi dengan sesuatu, yang berfungsi tunggalnya adalah bertindak seperti uang: uang dollar (dollar bills).
  Uang yang tidak memiliki nilai intrinsik disebut uang atas-unjuk (fiat money), uang tersebut adalah uang komoditas : contoh uang komoditas yang sering digunakan adalah emas

4. Bagaimana Uang Atas-Unjuk berovolusi?
  Untuk memahami bagaimana evolusi dari uang komoditas menjadi uang atas-unjuk terjadi, bayangkanlah perekonomian dimana orang berpergian membawa tas berisi emas. Ketika pembelian dilakukan, sang pembeli mengukur jumlah emas yang tepat. Jika penjual diyakinkan bahwa berat dan keaslian emas adalah tepat, pembeli dan penjual itu sepakat melakukan pertukaran.

Bagaimana kuantitas Uang Dikendalikan?
  Peraturan resmi memberi pemerintah hak untuk memonopoli pencetakan uang. Tingkat pengenaan pajak (texation) dan tingkat pembelian pemerintah merupakan instrumen kebijakan pemerintah, begitupula jumlah uang beredar. Kontrol atas jumlah uang beredar disebut kebiajakan moneter(monetary policy)
  Bank sentral Amerika Serikat adalah Federal Reserve (the fed) , pembuat keputusan atas kebijakan moneter. Cara mengendalikan uang beredar adalah melalui operasi pasar-terbuka (open-market operation) pembelian dan penjualan obligasi pemerintah

Bagimana Kuantitas uang diukur
  Aset yang paling jelas untuk dimasukkan dalam kuantitas uang adalah mata uang (currency) atau disebut juga sebagai uang kartal, yaitu jumlah uang kertas dan uang logam yang beredar
  Jenis aset kedua yang digunakan dalam transaksi adalah rekening giro (demand deposits), dana yang dipegang orang dalam rekening ceknya (checking accounts).
  Tabel 4-1 dealam buku teori makroekonomi edisi kelima halaman 78 menunjukan lima ukuran persediaan uang yang dihitung fed untuk perekonomian AS, bersama dengan daftar aset mana yang dimasukkan dalam setiap ukuran.

5. Transaksi dan Persamaan Kuantitas
Orang memegang uang untuk membeli barang dan jasa. Semakin banyak uang yang mereka butuhkan untuk bertransaksi, semakin banyak uang yang mereka pegang. Jadi, kuantitas uang dalam perekonomian sangat erat kaitannya dengan jumlah dolar yang dipertukarkan dalam transaksi.
Hubungan diantara transaksi dan uang ditunjukan dalam persamaan berikut, yang disebut persamaan kuantitas (quantity equation):
Uang X Perputaran = Harga X Transaksi
M         x          V          = P      x          T

Dari Transaksi Menjadi Pendapatan
  Jika Y menyatakan jumlah output dan P menyatakan harga satu unit output, maka nilai uang dari output adalah PY. Kita sudah mengenal variabel ini ketika membahas pos pendapatan nasional pada bab 2: Y adalah GDP riil, P adalah deflator GDP, dan PY adalah GDP nominal. Persamaan kuantitas menjadi
Uang               x          Per putaran = Harga x Output
M                     x          V                      = P      x          Y.
Y: pendapatan total
V: perputaran uang pendapatan (income velocity of money)


Fungsi Permintaan Uang dan Persamaan Kuantitas
  Fungsi permintaan uang (money demand function) adalah persamaan yang menunjukan apa yang menentukan kuantitas keseimbangan uang riil yang ingin ditahan orang. Fungsi Permintaan uang sederhana adalah : (M/P)d = kY,
k: konstanta yang menyatakan berapa banyak uang yang ingin ditahan orang untuk setiap dollar pendapatan.
       Cara lain : M(1/k)= PY,
Bisa ditulis menjadi : MV=PY,
V=1/k

Asumsi Perputaran Konstan
  Asumsi perputaran itu hanyalah suatu pendekatan terhadap realitas. Perputaran berubah jika fungsi permintaan uang berubah. Sebagai contoh ketika anjungan tunai mandiri diperkenalkan, orang bisa mengurangi jumlah uang rata-rata yang dipegangnya, yang berarti penurunan dalam parameter permintaan  uang k dan kenaikan dalam perputaran V.  Padahal pengalaman menunjukan bahwa asumsi perputaran konstan memberikan pendekatan yang baik dalam banyak situasi. Karena itu kita asumsikan bahwa perputan adalah konstan dan melihat apakah asumsi ini menunjukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap perekonomian.
MV=PY




B. Uang, Harga, dan Inflasi
Teori tersebut memiliki 3 unsur :
       Faktor-faktor produksi dan fungsi produksi menentukan tingkat output Y. kita pinjam kesimpulan ini dari bab 3.
       Jumlah uang beredar menentukan nilai output nominal, PY. Kesimpulan berasal dari persamaan kuantitas dan asumsi bahwa perputan uang adalah tetap.
       Tingkat harga P adalah rasio dari nilai nominal output, PY, terhadap tingkat output Y.


Seigniorage: Penerimaan dari Pencetakan
Pemerintah bisa mendanai pengeluarannya dalam tiga cara.
       Pertama, meningkatkan penerimaan lewat pajak, seperti pajak penghasilan perorangan dan pajak pendapatan perusahaan
       Kedua, bisa meminjam dari masyarakat dengan menjual obligasi pemerintah
       Ketiga, pemerintah bisa dengan  mudah mencetak uang

Inflasi dan Tingkat Bunga
Dua tingkat bunga: Riil dan Nominal
Para ekonom menyebutkan tingkat bunga yang dibayar bank sebagai tingkat bunga nominal (nominal interest rate) dan kenaikan dalam daya beli anda dengan tingkat bunga riil (real interest rate)

Tingkat Biaya Nominal dan Permintaan terhadap uang
  Teori kuantitas mengasumsikan bahwa permintaan terhadap keseimbangan uang riil adalah proporsional terhadap pendapatan.
  Biaya Memegang uang: Tingkat bunga nominal adalah biaya oportunitas (opportunity cost) dari memegang uang: biaya yang timbul karena anda lebih suka memegang uang ketimbang obligasi
  Jadi permintaan terhadap keseimbangan uang riil bergantung pada tingkat pendapatan dan tingkat bunga nominal.
  Fungsi permintaan : (M/P)d=L(I, Y)
L: menyatakan permintaan uang karena uang adalah aset perekonomian yang paling likud (aset yang mudah digunakan untuk melakukan transaksi)

Uang masa depan dan harga sekarang
  Sebagaimana dijelaskan oleh teori kuantitas uang, jumlah uang beredar dan permintaan uang sama-sama menentukan ekuilibrium tingkat harga. Namun sekarang karena tingkat bunga nominal adalah biaya dari memegang uang, tingkat bunga nominal memberi umpan balik mempengaruhi permintaan terhadap uang.
  Jika tingkat bunga nominal nominal dan tingkat output dinyatakan konstan, tingkat harga bergerak secara proporsional dengan jumlah uang beredar
  Tingkat harga tidak hanya tergantung pada jumlah uang beredar sekarang, tetapi juga pada jumlah uang beredar yang diharapkan dimasa depan.
Jadi, pertumbuhan uang yang diharapkan lebih tinggi dimasa depan mendorong tingkat harga yang lebih tinggi sekarang.

Biaya Sosial Inflasi
  Ketika inflasi melambat ,perusahaan akan sedikit menaikkan harga produk mereka setiap tahun dan, akibatnya, akan memberi para pekerja kenaikan upah yang lebih kecil.
Seluruh dollar dalam perekonomian menjadi sepuluh kali lipat. Harga apapun menjadi sepuluh kali lipat, tetapi begitu juga dengan upah dan nilai tabungan anda. Kenaikan yang terus-menerus dalam tingkat harga adalah masalah sosial. Hal itu menejelaskan bahwa biaya inflasi adalah tidak nampak/terlihat.

Biaya inflasi yang diharapkan
  Salah satunya distorsi pajak inflasi pada jumlah uang yang dipegang masyarakat.
  Biaya inflasi kedua muncul karena inflasi tinggi mendorong perusahaan untuk lebih sering mengubah harga
  Ketiga karena perusahaan yang menghadapi biaya menu tidak sering mengubah harga
  Keempat, berasal dari undang-undang pajak
  Kelima, ketidak nyaman dalam hidup di dunia dengan harga yang berubah

Biaya Inflasi yang Tidak diharapkan
  Inflasi yang tidak diharapkan memiliki dampak yang lebih merusak ketimbang biaya inflasi yang diantisipasi
  Jika inflasi lebih tinggi dari yang diharapkan, debitor untung dan kreditor rugi karena debitor membayar utang dengan nilai dollar yang lebih kecil
  Inflasi yang tidak terduga juga menggangu pensiun tetap individu.


Salah satu keuntungan inflasi
  Inflasi dapat membuat pasar tenaga kerja selalu berubah. Penawaran dan permintaan untuk berbagai jenis tenaga kerja selalu berubah. Kadang kenaikan penawaran, atau penurunan permintaan berdampak pada penurunan ekuilibrium upah riil untuk sekelompok pekerja. Jika upah nominal tidak dapat dipotong, maka satu-satunya cara untuk memotong upahriil adalah dengan membiarkan inflasi melakukannya

Hiperinflasi
  didefinisikan sebagai inflasi yang melebihi 50% per bulan,atau lebih dari 1% per hari.
  Biaya Hiperinflasi: biaya hiperinflasi akan menghancurkan masyarakat.
  Pada saat pemerintah menarik uang pajaknya, uang tsb sudah turun nilainya.
  Secara berangsur-angsur, biaya hiperinflasi ini menjadi tidak dapat ditoleransi.
  Sebab-sebab hiperinflasi: hiperinflasi terkait dengan pertumbuhan jumlah uang beredar yang berlebihan.

PENUTUP
A.    Kesimpulan
Uang adalah persediaan aset yang digunakan untuk transaksi. Tingkat bunga nominal adalah jumlah tingkat bunga riil dan tingkat inflasi.
Inflasi merupakan kondisi kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus. Inflasi pada dasarnya mengukur perubahan kenaikan harga dari waktu ke waktu, baik bulanan, triwulanan, maupun tahunan. Inflasi yang terjadi digolongkan bermacam-macam berdasarkan penyebabnya: Berdasarkan Tingkat Keparahan atau Laju Inflasi (Inflasi ringan, Inflasi sedang, Inflasi berat, Hiperinflasi), Berdasarkan penyebab awal inflasi (Demand Pull Inflation, Cost Push Inflation), Berdasarkan asal inflasi (Domestic Inflation, Imported Inflation).
Selama hiperinflasi, sebagian besar dar biaya inflasi menjadi lebih parah.



Daftar Pustaka
Mankiw, N. G., 2003, “Teori Makroekonomi”, Edisi Kelima, Penerbit Erlangga, Jakarta.

1 komentar:

  1. Woori Casino Login - Play on Mobile or Desktop
    The Woori septcasino Casino App will be https://deccasino.com/review/merit-casino/ available at Woori Casino on a mobile or desktop basis. To https://octcasino.com/ play on our mobile or desktop, you can also play https://jancasino.com/review/merit-casino/ with your wooricasinos.info desktop browser,

    BalasHapus